PENGERTIAN BOOTING


Bagi Anda pemiliki komputer atau PC, pasti sering menemui yang namanya proses booting. Lalu sebenarnya apa pengertian botting pada komputer? Booting sendiri merupakan proses penyalaan komputer hingga pengambilalihan secara menyeluruh terhadap perangkat komputer. Namun yang perlu Anda ketahui, ketika proses booting berlangsung, tentu saja komputer sudah dalam keadaan menyala.

Pengertian Booting Pada Komputer
Ketika Anda menekan tombol power pada komputer, proses boot yang menjadi bagian dari booting ini akan berjalan. Pada proses ini pengguna akan melihat start-up dari ROM komputer, dan memulai sistem operasi dari boot disk di komputer.

Booting Pada Komputer PC 1

Booting sendiri sangatt identik dengan BIOS atau Basic Input Output System. BIOS sendiri merupakan kode software yang secara otomatis tertanam pada komputer atau PC. Fungsi BIOS sendiri tergolong sangat vital pada sebuah komputer. Karena melalui BIOS, pengguna dapat menemukan informasi visual ketika komputer dinyalakan.

Namun, ada rumor yang menyebutkan kalau BIOS akan dihilang pada sebuah komputer, dan digantikan dengan sistem teknologi UEFI yang diklaim lebih canggih dari BIOS
Previous
Next Post »